I.
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan sebuah yang tidak dapat
dipisahkan dalam kehidupan umat manusia. Karenanya manusia harus senantiasa
mencari dan menuntut ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
merupakan salah satu faktor penting yang mengharuskan manusia untuk selalu
mengembangkan keilmuannya agar dapat beradaptasi di dunia modern yang kaya akan
kemajuan ilmu dan teknologi. Dibalik kemajuan yang pesat ilmu pengetahuan dan
teknologi kita sebagai umat muslim
hendaknya memberikan perhatian kepada dunia pendidikan Islam. Karena sebagai
seorang muslim kita tak dapat cukup menguasai ilmu pengetahuan teknologi yang
bersifat duniawi saja, karena ilmu pengetahuan yang bersifat duniawi itu hanya
sebagai jalan kita sebgai muslim untuk mencapai kehidupan yang kekal yaitu
kehidupan akherat. Maka untuk mencapai tujuan utama umat muslim, kita harus
membalut semua aktivitas dengan nilai-nilai Islam, salah satu jalan untuk
mencapainya yaitu dengan jalan mempelajari Pendidikan Islam. Dalam makalah ini
penulis akan menguraikan tentang konsep-konsep pendidikan Islam serta
komponen-komponen pendidikan Islam yang berisi tentang unsur-unsur dalam
pendidikan Islam yang meliputi: unsur kurikulum, unsur pendidik, unsur peserta
didik dan unsur melieu masyarakat serta metode pendidikan Islam.
II.
KONSEP
FILOSIFIS KEPENDIDIKAN ISLAM
Manusia adalah
makhluk ciptaan Allah swt yang tak luput dari ilmu pengetahuan. Untuk
menciptakan manusia yang mempunyai wawasan atau pengetahuan yang luas, maka
diperlukannya suatu lembaga pendidikan sebagai wadah untuk mencetak manusia
yang berpengetahuan luas. Pendidikan adalah suatu usaha sadar yang dilakukan
seseorang atau sekumpulan orang untuk mengembangkan potensi yang ada yang ada
pada diri seseorang atau anak didik untuk menuju kedewasaan, agar anak didik
tersebut mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Falsafah pendidikan
Islam adalah suatu pemikiran yang serba mendalam, mendasar, sistematis, terpadu
dan logis, menyeluruh serta universal yang tertuang atau tersusun dalam bentuk
atau konsep sebagai suatu sistem. [1]Dalam
konsep Islam pendidikan sebagai usaha membina dan menegembangkan pribadi
manusia dari aspek-aspek rohaniah dan jasmaniah juga harus berlangsung secara
bertahap. [2]
Menurut Syaikh
M. Yusuf al- Qardhawy memberikan
pengertian bahwa,´pendidikan islam adalah pendidikan manusia seutuhnya,
akal dan hatinya, rohani dan jasmaninya, akhlak dan keterampilannya.[3]
Menurut Prof. Dr. Jalaluddin yang di kutip oleh Akmal Hawi, pendidikan
Islam yaitu usaha untuk membimbing dan mengembangkan potensi manusia secara
optimal agar dapat menjadi pengabdi Allah yang setia, berdasarkan dan dengan
pertimbangan latar belakang perbedaan individu, tingkat usaha, jenis kelamin,
dan lingkungan masing-masing.[4]
Falsafah Pendidikan Islam dapat diartikan sebagai studi tentang pandangan
filosofis dari sistem dan aliran filsafat dalam Islam terhadap masalah-masalah
kependidikan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan
umat muslim. Peran pendidikan tidak terlepas dari sifat dasar manusia itu
sendiri sebaga khlaifah di atas bumi ini.[5]
Filsafat
Pendidikan Islam juga merupakan studi tentang penggunaan dan penerangan metode
dan sistem filsafat Islam dalam memecahkan problematika pendidikan umat Islam,
dan selanjutnya memberikan arah dan tujuan yang jelas terhadap pelaksannan
pendidikan umat Islam. Jadi, menurut penulis menyimpulkan bahwa konsep filosis
pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya dari aspek akal
(berwawasan yang luas dan intlektual dalam pemikirannya), hati (mempunyai hati
nurani yang tulus untuk menjalankan dan mengaplikasikan nilai-nilai keislaman
pada kehidupan sehari-hari), jasmani (mempunyai jasmani, jiwa dan raga yang
selalu berniat untuk kepentingan Islam) serta rohaninya (membangun jiwa-jiwa
muslim yang selalu menegakkan
panji-panji Islam) untuk dikembangkan agar menjadi manusia yang selalu bertimpu
pada nilai-nilai Islam serta dapat memecahkan problem-problem atau hambatan
yang ada pada pendidikan Islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar